Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paus Fransiskus: Tuhan Hadir dalam Hal Kecil Sehari-Hari

RENUNGANHARIANKATOLIK.WEB.ID - Pemimpin umat Katolik, Paus Fransiskus dalam pesan Minggu Adven pertama mengungkapkan bahwa adalah baik untuk mengingat bahwa Tuhan hadir bagi kita bahkan dalam peristiwa kecil sehari-hari dalam hidup kita, di Vatikan, 27 November 2022.

“Mari kita ingat ini: Tuhan berdiam dalam hidup kita, dia selalu ada. Dia tersembunyi dalam situasi yang paling umum dan paling biasa dalam hidup kita,” kata Paus.


$ADS={1}

Lebih lanjutnya ia mengatakan, Tuhan tidak datang dalam peristiwa luar biasa, tetapi dalam hal sehari-hari.

“Dia ada di sana, dalam pekerjaan kita sehari-hari, dalam pertemuan, di hadapan seseorang yang membutuhkan, bahkan ketika kita menghadapi hari-hari yang tampak kelabu dan monoton, di sanalah kita menemukan Tuhan, yang memanggil kita, berbicara kepada kita dan menginspirasi tindakan kita” ungkapnya.


$ADS={2}

Fransiskus berbicara tentang masa Adven, masa persiapan kedatangan Tuhan pada hari Natal. Dari jendela yang menghadap Lapangan Santo Petrus. Dan dia mengajukan pertanyaan untuk direnungkan: “Bagaimana kita dapat mengenali dan menyambut Tuhan?”

Penting, katanya, bahwa kita mesti “terjaga dan waspada.” Paus juga mengutip khotbah St. Agustinus, yang mengatakan, “Saya takut akan Tuhan yang lewat.”

“Yaitu, saya khawatir dia akan lewat dan saya tidak akan mengenalinya,” jelas Francis.

Dia menunjukkan peringatan yang Yesus berikan kepada murid-muridnya dalam bacaan Injil hari itu dari St. Matius: Yesus berkata bahwa orang-orang pada zaman Nuh “makan dan minum dan mereka tidak tahu sampai air bah itu datang dan menyapu bersih mereka semua.”


$ADS={2}

Paus Fransiskus mengatakan bahwa, orang-orang “terlena dengan urusan mereka sendiri dan tidak menyadari bahwa banjir akan datang.”

“Di masa Adven ini, mari kita bangun dari kelambanan kita dan bangun dari tidur kita. Mari kita coba bertanya pada diri sendiri: apakah saya sadar akan apa yang saya jalani, apakah saya waspada, apakah saya terjaga? Apakah saya mencoba untuk mengenali Tuhan hadir dalam situasi sehari-hari, atau apakah saya terganggu dan sedikit kewalahan oleh banyak hal?”


$ADS={1}

“Jika kita tidak menyadari kedatangannya hari ini, kita juga tidak akan siap ketika Dia datang di akhir zaman. Oleh karena itu, saudara-saudara, marilah kita tetap waspada.”*