Renungan Harian Katolik Rabu 23 November 2022

Renungan Harian Katolik Rabu 23 November 2022.
Renungan Harian Katolik Rabu 23 November 2022

Berikut ini Bacaan dan Renungan Harian Katolik Rabu 23 November 2022, Peringatan fakultatif St. Klemens I, Paus, St. Kolumbanus. Warna Liturgi Hijau. Lengkap Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Bacaan Injil dan Doa Harian.

Bacaan Pertama: Wahyu 15:1-4

Mereka melagukan nyanyian Musa dan nyanyian Anak Domba.

Aku, Yohanes, melihat suatu tanda di langit, besar dan ajaib. Tujuh malaikat dengan tujuh malapetaka terakhir. Dengan itu berakhirlah murka Allah. Dan aku melihat sesuatu bagaikan lautan kaca bercampur dengan api, dan di tepi lautan kaca itu berdirilah orang-orang yang telah mengalahkan binatang itu dan patungnya dan bilangan namanya.

Mereka memegang kecapi Allah. Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya, “Besar dan ajaiblah segala karya-Mu ya Tuhan, Allah yang mahakuasa! Adil dan benar segala tindakan-Mu, ya raja segala bangsa!

Siapakah yang tidak takut, ya Tuhan, dan yang tidak memuliakan nama-Mu? Sebab hanya Engkaulah yang kudus; semua bangsa akan datang dan sujud menyembah Engkau, sebab telah nyatalah kebenaran segala penghakiman.”

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan: Mzm. 98:1,2-3ab,7-8,9

Ref. Besar dan ajaiblah segala karya-Mu, ya Tuhan, Allah yang mahakuasa!

  • Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
  • Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa. Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.
  • Biarlah gemuruh laut dan segala isinya, dunia dan semua yang diam di dalamnya! Biarlah sungai-sungai bertepuk tangan, dan gunung-gemunung bersorak sorai bersama-sama.
  • Biarlah mereka bersorak di hadapan Tuhan, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan mengadili bangsa-bangsa dengan kebenaran.

Bait Pengantar Injil: Wahyu 2:10

Ref. Alleluya.

Hendaklah engkau setia sampai mati, sabda Tuhan dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.

Bacaan Injil: Lukas 21:12-19

Karena nama-Ku kalian akan dibenci semua orang tetapi tidak sehelai pun rambut kepalamu akan hilang.

Pada waktu itu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Akan datang harinya kalian ditangkap dan dianiaya. Karena nama-Ku kalian akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat, dimasukkan ke dalam penjara, dan dihadapkan kepada raja-raja dan para penguasa.

Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi. Sebab itu tetap teguhlah di dalam hatimu, jangan kalian memikirkan lebih dahulu pembelaanmu. Aku sendirilah yang akan memberi kalian kata-kata hikmat, sehingga kalian tak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu.

Dan kalian akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu, dan beberapa orang di antaramu akan dibunuh; karena nama-Ku kalian akan dibenci semua orang. Tetapi tidak sehelai pun rambut kepalamu akan hilang. Kalau kalian tetap bertahan, kalian akan memperoleh hidupmu.”

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Renungan Harian Katolik Rabu 23 November 2022

Bacaan Injil hari ini tidak mudah untuk didengarkan. Yesus melanjutkan peringatannya kepada orang banyak, ”Mereka akan menangkap dan menganiaya kamu, menyerahkan kamu, dan kamu semua akan masuk penjara karena namaku.”

Yesus juga menginstruksikan orang-orang, ”Jangan mempersiapkan pembelaanmu terlebih dahulu. Saya akan memberi Anda kebijaksanaan yang Anda butuhkan.” Dan juga Yesus memperingatkan mereka bahwa mereka mungkin dikhianati oleh anggota keluarga yang mungkin “menyerahkan mereka” dan “sebagian dari kamu akan dihukum mati.”

Setelah kata-kata ini, Yesus mengucapkan beberapa kata penghiburan kepada para pendengarnya: “Benar, kamu akan dibenci semua orang karena nama-Ku. Namun, tidak sehelai rambut pun di kepala Anda akan hancur.

Dengan ketekunan Anda akan mengamankan hidup Anda.” Sekarang tanyakan pada diri Anda: apakah kata-kata terakhir Yesus ini menghibur dan meyakinkan Anda? Atau apakah mereka membuat Anda ingin "membanting pintu pada Yesus?"

Namun Yesus memanggil kita untuk mengikutinya! Dan jika kita memilih untuk mengikutinya, jalan itu juga dapat membawa kita ke salib!

Kata-kata Yesus ini mencerminkan kenyataan yang kita lihat dan dengar di dunia. Di seluruh dunia kita, orang-orang dianiaya dan dibunuh karena apa yang mereka yakini, cara mereka berpakaian, atau keyakinan bahwa mereka bisa dibuang!

Kami melihatnya di berita malam, membacanya di koran atau online. Seharusnya kita adalah "negara dunia pertama." Namun, perilaku dan pilihan kita seringkali meniadakan kata-kata ini. Kadang-kadang, kita juga berperilaku seperti "biadab."

Jadi apa panggilan Injil ini? Mungkin panggilan hari ini adalah untuk menyadari bagaimana kita berinteraksi dengan orang-orang dalam hidup kita. Apakah kita termasuk semua orang? Apakah kita menghormati setiap individu yang kita temui?

Atau apakah kita biadab satu sama lain dengan rumor, kebohongan, atau sindiran? Hari ini berhati-hatilah dengan kata-kata dan tindakan Anda. Waspadai pikiran dan “komentar batin” Anda.

Hari ini kita memiliki pilihan untuk menjadi negatif dan merendahkan. Namun, kita juga memiliki pilihan untuk menerima dan menghormati setiap individu yang kita temui. Apa yang akan menjadi pilihan kita?

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa yang Mahabaik, kami bersyukur karena Engkau telah menunjukkan jalan keselamatan kepada kami dalam diri Yesus Kristus, Putra-Mu. Semoga Sabda-Nya yang kami dengar sungguh menjadi bekal perjalanan hidup kami untuk mewujudkan cinta kasih, keadilan dan damai sejahtera serta untuk memasuki Kerajaan-Mu yang abadi.

Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Terimakasih sudah membaca Renungan Harian Katolik Rabu 23 November 2022.