Santo David Dari Wales

Santo David adalah santo pelindung Wales dan mungkin yang paling terkenal dari orang-orang kudus Inggris. Sayangnya, kami memiliki sedikit informasi y
Santo David Dari Wales

Santo David adalah santo pelindung Wales dan mungkin yang paling terkenal dari orang-orang kudus Inggris. Sayangnya, kami memiliki sedikit informasi yang dapat dipercaya tentang dia.

Menurut cerita, Santo David adalah putra Raja Sant dari Wales Selatan dan St. Non. Ia ditahbiskan menjadi imam dan kemudian belajar di bawah bimbingan St. Paulinus.

Diketahui bahwa ia menjadi seorang imam, terlibat dalam pekerjaan misionaris dan mendirikan banyak biara, termasuk biara utamanya di barat daya Wales. Banyak cerita dan legenda bermunculan tentang David dan para biarawan Welsh-nya.

Penghematan mereka sangat ekstrim. Mereka bekerja dalam diam tanpa bantuan hewan untuk mengolah tanah. Makanan mereka terbatas pada roti, sayuran, dan air.

Pada sekitar tahun 550, David menghadiri sebuah sinode di mana kefasihannya mengesankan rekan-rekan biarawannya sedemikian rupa sehingga dia terpilih sebagai primata di wilayah tersebut. Tahta episkopal dipindahkan ke Mynyw, di mana ia memiliki biaranya (sekarang disebut biara Santo David).

Dia memerintah keuskupannya sampai dia mencapai usia yang sangat tua. Kata-kata terakhirnya kepada para biksu dan rakyatnya adalah: “Bergembiralah, saudara-saudari. Pertahankan imanmu, dan lakukan hal-hal kecil yang telah kamu lihat dan dengar bersamaku.”

Santo David digambarkan berdiri di gundukan dengan seekor merpati di bahunya. Legenda adalah bahwa sekali ketika dia sedang berkhotbah, seekor merpati turun ke bahunya dan bumi naik untuk mengangkatnya tinggi-tinggi di atas orang-orang sehingga dia bisa didengar. Lebih dari 50 gereja di Wales Selatan didedikasikan untuknya di masa pra-Reformasi.