Santa Agnes dari Montepulciano

Santa Agnes dari Montepulciano, seorang perawan suci, lahir pada tahun 1268 di sebuah desa kecil dekat Montepulciano, Italia, dari keluarga kaya De Se
Santa Agnes dari Montepulciano

Santa Agnes dari Montepulciano, seorang perawan suci, lahir pada tahun 1268 di sebuah desa kecil dekat Montepulciano, Italia, dari keluarga kaya De Segni. Kelahirannya diumumkan oleh lampu-lampu besar yang mengelilingi rumah tempat dia dilahirkan, dan sejak masa bayinya dia adalah salah satu yang secara khusus ditandai untuk pengabdian kepada Tuhan.

Sebagai seorang anak, dia sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk melantunkan Doa Bapa Kami dan Salam Maria berlutut di beberapa sudut ruangan pribadi. Dia adalah anak yang saleh sehingga ketika dia berusia sembilan tahun orang tuanya menempatkan dia di biara Fransiskan yang dikenal sebagai Sackins, disebut demikian karena kebiasaan atau skapulir mereka terbuat dari kain kabung. Agnes adalah model dari semua kebajikan bagi komunitas yang keras ini. Dia juga terkenal karena karunia mukjizat dan ramalannya.

Pada usia lima belas tahun, ia masuk Ordo Dominikan di Proceno, di daerah Orvieto, dan diangkat menjadi kepala biara oleh Paus Nicholas IV. Dia tidur di tanah, dengan batu di bawah kepalanya, dan selama lima belas tahun berpuasa dengan roti dan air. Namun, pada usia tiga puluh tahun, karena kesehatannya yang buruk, pembimbing rohaninya menyuruhnya makan makanan lain.

St. Agnes terkenal karena penglihatannya. Dia menggendong bayi Kristus di tangannya dan menerima Komuni Kudus dari seorang malaikat. Dia mengalami levitasi dan dia melakukan mukjizat bagi umat beriman di wilayah tersebut.

Orang-orang Montepulciano sangat ingin dia kembali kepada mereka sehingga mereka menghancurkan sebuah rumah yang bereputasi buruk dan sebagai gantinya membangun sebuah biara untuk Agnes. Di kampung halamannya, ia mendirikan di rumah ini biarawati ordo St. Dominikus.

Agnes terus menjadi teladan kesalehan, kerendahan hati, dan amal yang luar biasa bagi semua orang selama sisa hidupnya. Melalui penyakit yang panjang dia menunjukkan kesabaran dan kasih karunia yang besar, menawarkan penderitaannya kepada Tuhan untuk penebusan jiwa.

Agnes meninggal di Monte Pulciano pada tanggal 20 April 1317 pada usia 43 tahun. Tubuhnya dipindahkan ke gereja Dominikan di Orvieto pada tahun 1435, di mana ia tetap berada. Dia dikanonisasi dengan sungguh-sungguh oleh Benediktus XIII pada tahun 1726.