Renungan Harian Katolik Jumat 8 Juli 2022

Renungan Harian Katolik Jumat 8 Juli 2022 Hari Biasa Warna Liturgi Hijau. Bacaan Injil: Mat. 10:16-23, Bacaan Pertama: Hos. 14:2-10, Bait Pengantar In
Renungan Harian Katolik Jumat 8 Juli 2022

Renungan Harian Katolik Jumat 8 Juli 2022 Hari Biasa Warna Liturgi Hijau.

Bacaan Pertama: Hos. 14:2-10

Mazmur Tanggapan: Mzm. 51:3-4,8-9,12-13,14,17

Bait Pengantar Injil: Mat 4:17

Bacaan Injil: Mat. 10:16-23

{tocify} $title={Daftar isi Bacaan}

Bacaan Pertama: Hos. 14:2-10

Beginilah firman Allah, "Bertobatlah, hai Israel, kepada Tuhan, Allahmu, sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu. Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada Tuhan!

katakanlah kepada-Nya: "Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.Asyur tidak dapat menyelamatkan kami; kami tidak mau mengendarai kuda, dan kami tidak akan berkata lagi: Ya, Allah kami! kepada buatan tangan kami.

Karena Engkau menyayangi anak yatim." Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.

Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar. Ranting-rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum seperti yang di Libanon.

Mereka akan kembali dan diam dalam naungan-Ku dan tumbuh seperti gandum; mereka akan berkembang seperti pohon anggur, yang termasyhur seperti anggur Libanon. Efraim, apakah lagi sangkut paut-Ku dengan berhala-berhala?

Akulah yang menjawab dan memperhatikan engkau! Aku ini seperti pohon sanobar yang menghijau, dari pada-Ku engkau mendapat buah. Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan-jalan Tuhan adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ.
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan: Mzm. 51:3-4,8-9,12-13,14,17

Ref. Akulah Tuhan, Allahmu, dengarkanlah suara-Ku.

  1. Aku mendengar bahasa yang tidak kukenal, "Akulah yang telah mengangkat beban dari bahumu, dan membebaskan tanganmu dari keranjang pikulan; dalam kesesakan engkau berseru, maka Aku meluputkan engkau.
  2. Aku menjawab engkau dengan bersembunyi di balik badai, Aku telah menguji engkau dekat Meriba. Dengarlah, hai umat-Ku, Aku hendak memberi peringatan kepadamu; hai Israel, kiranya engkau mau mendengarkan Aku!
  3. Janganlah ada di antaramu allah lain, dan janganlah engkau menyembah orang asing. Akulah Tuhan Allahmu, yang menuntun engkau keluar dari tanah Mesir.
  4. Sekiranya umat-Ku mendengarkan Aku! Sekiranya Israel hidup menurut jalan yang Kutunjukkan! Umat-Ku akan Kuberi makan gandum yang terbaik, dan dengan madu dari gunung batu, Aku akan mengenyangkannya.

Bait Pengantar Injil: Mat 4:17

Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.

Bertobatlah, sabda Tuhan, sebab Kerajaan Surga sudah dekat.

Bacaan Injil: Mat. 10:16-23

Pada suatu hari Yesus bersabda kepada keduabelas murid-Nya, "Lihat, Aku mengutus kalian seperti domba ke tengah-tengah serigala! Sebab itu hendaklah kalian cerdik seperti ular, dan tulus seperti merpati.

Tetapi waspadalah terhadap semua orang. Sebab ada yang akan menyerahkan kalian kepada majelis agama, dan mereka akan menyesah kalian di rumah ibadatnya. Karena Aku kalian akan digiring ke muka para penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.

Apabila mereka menyerahkan kalain, janganlah kalian kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kalian katakan, karena semuanya itu akan dikurniakan kepadamu pada saat itu juga.

Karena bukan kalian yang akan berbicara, melainkan Roh Bapamu. Dialah yang akan berbicara dalam dirimu. Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh; demikian pula seorang ayah terhadap anaknya.

Anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kalian akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. Tetapi barangsiapa bertahan sampai kesudahannya, akan selamat.

Apabila mereka menganiaya kalian di suatu kota, larilah ke kota yang lain. Aku berkata kepadamu, sungguh, sebelum kalian selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang."
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik Jumat 8 Juli 2022

Bacaan Injil hari ini memiliki nada yang berbeda. Yesus melanjutkan instruksi-Nya kepada murid-murid-Nya. Namun, dia memperingatkan murid-muridnya bahwa ketika mereka mewartakan pesannya, mereka harus berhati-hati.

Mereka akan rentan, seperti domba di tengah serigala. Oleh karena itu, mereka perlu waspada dan cerdas dalam menilai setiap orang yang mereka temui.

Yesus juga memperingatkan mereka bahwa mereka mungkin akan ditangkap, dicambuk dan dibawa ke hadapan para gubernur dan raja-raja karena “demi dia.” Dalam situasi-situasi ini, mereka harus menjadi kuat dan menjadi saksi bagi-Nya.

Dia kemudian menghibur mereka. Dia mengatakan kepada mereka bahwa mereka tidak perlu khawatir tentang apa yang harus dikatakan dalam menanggapi pihak berwenang. Yesus berjanji bahwa mereka akan diberi kata-kata untuk diucapkan. Tidak peduli apa yang terjadi pada mereka, Roh akan menyertai mereka dan berbicara melalui mereka!

Dapatkah Anda mengingat saat dalam hidup Anda, Anda merasa dianiaya karena apa yang Anda yakini? Apakah Anda merasakan kehadiran dan anugerah Yesus, menguatkan Anda dan mengajari Anda bagaimana menanggapi situasi ini?

Anda mungkin belum “mendengar” suara Yesus. Namun, Anda mungkin kagum dengan keberanian Anda saat menanggapi situasi tersebut. Atau mungkin kata-kata tak terduga keluar dari mulut Anda dan Anda tidak tahu dari mana asalnya.

Mengikuti Yesus bukanlah jalan yang mudah. Mengikuti Yesus berarti bahwa setiap hari kita harus secara sadar memilih untuk menjadi dan melakukan apa yang Yesus lakukan.

Terkadang, ini dapat membawa konsekuensi yang tidak kita harapkan. Namun, jika kita memilih untuk menyimpang dari jalan ini, kita harus menghadapi diri kita sendiri dan Yesus!

“Mengikuti Yesus” mungkin terdengar romantis. Namun, jika kita benar-benar hidup seperti Yesus hidup, kita mungkin mengguncang beberapa perahu dan membuat musuh seperti yang dia lakukan.

Namun, kita selalu punya pilihan. Dan setiap pagi, kita harus membuat pilihan! Apa pilihan yang akan kita buat hari ini? Jika kita memilih untuk hidup dan bertindak seperti Yesus, kita akan menerima kasih karunia yang berlimpah! Hanya kita yang bisa memilih!.

Demikianlah Renungan Harian Katolik Jumat 8 Juli 2022.